Prediksi Gempa Selanjutnya???

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


Kisah mimpi yang nyata terungkap, kisah teka-teki sudah tertebak. Apa yang menjadi kisah tersebut?? Kisah yang dimakssud ialah "GEMPA".Gempa memang sangat rawan terhadap wilayah Indonesia terutama P.Jawa. Akan tetapi masyarakat harus waspada dan siap menerima gempa secara mendadak. Gempa bumi disebabkan oleh adanya pelepasan energi regangan elastis batuan pada litosfir. Semakin besar energi yang dilepas semakin kuat gempa yang terjadi. Terdapat dua teori yang menyatakan proses terjadinya atau asal mula gempa yaitu pergeseran sesar dan teori kekenyalan elastis. Gerak tiba2 sepanjang sesar merupakan penyebab yang sering terjadi.Oleh karena itu...

Setiap bencana alam selalu mengakibatkan penderitaan bagi masyarakat, korban jiwa dan harta benda kerap melanda masyarakat yang berada di sekitar lokasi bencana. Kejadian bencana alam tidak dapat dicegah dan ditentukan kapan dan dimana lokasinya, akan tetapi pencegahan jatuhnya korban akibat bencana ini dapat dilakukan bila terdapat cukup pengetahuan mengenai sifat-sifat bencana tersebut.

Banyak wilayah di P.Jawa yang masih tersimpan Energi yang sangat besar dan belum di lepaskan oleh energi tersebut. Contohnya: Yogyakarta... Kota tersebut sangat rawan sekali terjadi gempa. Bahkan bisa mencapai skala yang sangat besar sekali. di lihat dari wilayah Jogja, Jogja memiliki Gunung Merapi aktif yang setiap saat bisa meletus. Bahkan bisa menghancurkan setengah dari wilayah Jogja. Kalau di lihat dari pergerakan lempeng Kota Yogyakarta bisa menjadi target selanjutnya gempa berikutnya. Saya hanya memperkirakan dan memprediksi pergerakan lempeng dan sesar yang ada.

Ket:
Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasan [tenaga] yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik. Teori dari tektonik plate (plat tektonik) menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan, sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik.

Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itu lah gempa bumi akan terjadi.

Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut. Gempa bumi yang paling parah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional. Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit kedalam mengalami transisi fase pada kedalaman lebih dari 600 km.

Beberapa gempa bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi. Gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan terjadinya letusan gunung berapi.

Jadi anda bisa bayangkan kan???biarlah hanya ALLAH yang menjawabnya....



Memamg Segala sesuatu itu di tentukan oleh ALLAH SWT. Kepadanya nya lah kita berserah diri. Untuk itu gak ada salahnya saya pribadi dan teman-teman willy weblog untuk mendekatkan diri kepada pencipta dan bertawakallah kepadanya nya.

Karena segala sesuatu bencanya datang sangat tiba-tiba dan mendadak. Saya tidak kebayang apabila Gempa terjadi lagi di wilayah Indonesia dengan energi yang lebih besar. Apa jadinya kehidupan ini???


Sekali lagi saran saya jangan terpaut oleh isu-isu yang ada akan terjadinya gempa. Kita percayakan kepada ahlinya yaitu BMG Indonesia dan kita berserah diri kepada sang pencipta..