Prosesor Core 2010

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


Wah,Gk terasa seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi intel mengeluarkan produk terbarunya yang lebih dahsyat dan HotCC!!!
Ini proses pertama Intel yang mengintegrasikan unit pemroses grafis dan unit prosesornya. Produk ini diyakini akan dapat mampu menjawab semua kebutuhan konsumen dibanding produk terdahulunya.Jajaran prosesor empat inti Core 2010, yang meliputi Core i3 serta Core i5, dan Core i7 versi baru untuk pengguna...

komputer baik desktop maupun laptop, yang membutuhkan kecepatan dan kinerja komputasi multitugas. Ketiga prosesor ini menandai proses manufaktur prosesor Intel yang kini telah memasuki proses 32 nm, yang menggunakan transistor high-k metal gate generasi kedua. Intel juga mengintegrasikan unit pemroses grafis dalam unit prosesor utama.

Dengan proses manufaktur 32 nm, ini ketebalan setiap gerbang transistor (komponen transistor yang menentukan transistor hidup atau mati) adalah sebesar 0,9 nm. Padahal rata-rata ketebalan kertas adalah 0,1mm. Berarti dibutuhkan sekitar 111.111 gate, yang ditumpuk untuk menyamai ketebalan selembar kertas.

Dengan fitur HD Graphics Intel, prosesor-prosesor ini diklaim mampu menyediakan tampilan gambar memukau dan playback video berkualitas high-definition (HD), sehingga penggunanya bisa memainkan game mainstream atau 3-D biasa, tanpa harus membeli tambahan video card.

Selain itu, Intel juga melengkapi prosesor-prosesor tadi dengan Chipset seri 5 yang merupakan chip tunggal. "Fitur-fitur unggulan yang tertanam pada rangkaian prosesor berbasis Core ini menghasilkan kinerja yang efisien untuk aplikasi musik, gaming, video, film, foto, jaringan sosial dan aplikasi berat lainnya," ujar Country Manager Intel Budi Wahyu Jati, Selasa 19 Januari 2010.

Dengan fitur Intel Turbo Boost Technology dan Intel Hyper Threading Technology, prosesor-prosesor ini diklaim mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan dalam waktu bersamaan, apakah memutar musik, film, foto, dan jejaring sosial, dua kali lipat.

Selain itu, Budi melanjutkan, rangkain prosesor itu juga dapat mematikan inti yang sedang aktif atau mengurangi konsumsi energi, sehingga dapat meningkatkan kinerja ketika dibutuhkan, dan menghemat energi apabila tidak dibutuhkan.

Prosesor ini juga mendukung koneksi nirkabel komputer yang meliputi teknologi pita lebar nirkabel 4G WiMAX, yang jauh lebih cepat daripada WiFi dan memungkinkan koneksi jarak jauh antar kota atau bahkan negara.

Menurut laporan Engadget pada saat peluncuran Core i3 di ajang Consumer Electronics Show, Intel berencana meluncurkan 27 jenis prosesor sepanjang 2010, termasuk di antaranya empat jenis Core i3, delapan model Core i5, dan lima Core i7.

Menurut saya, Produk-produk ini sangat bagus sekali dan wajib di coba buat para blogger Mania!!!



Sumber : VIVAnews