Sungguh Tragis! 28 Ikan Paus Mati

Di Tulis Oleh Kucheng Ling



Jenis Ikan yang termasuk jenis - jenis mamalia ini. Sebanyak 28 ikan paus jenis pilot ditemukan mati terdampar di sebuah pantai terpencil di Selatan Selandia Baru. Kondisi ikan paus tersebut dalam kondisi mengenaskan saat ditemukan.



Ikan mamalia tersebut diketahui terdampar di Pantai West Ruggedy, sebeleah timur laut Pulau Stewart, Selandia Baru. Terdamparnya ikan paus tersebut ditemukan oleh seorang pendaki yang kebetulan lewat di pantai tersebut.



Pihak Departement Konservasi Selandia Baru (DOC) yang menerima laporan tersebut, bergegas ke lokasi penemuan ikan paus. Namun petugas konservasi yang datang satu jam setelah laporan, gagal untuk menyelamatkan ke-28 ikan besar tersebut.

Saat ditemukan petugas sebenarnya menemui sekira sembilan yang telah mati, sementara sisanya masih hidup. Namun melihat kondisi yang tidak bisa diselamatkan, petugas konservasi terpaksa membunuh ke-19 ikan paus lainnya.



Menurut seorang petugas konservasi, kondisi laut dan angin kencang menyulitkan mereka untuk menyelamatkan hewan malang tersebut. "Saat ditemukan mereka (ikan paus) ditemukan dalam kondisi sehat. Namun kondisi cuaca yang amat buruk, terlalu berbahaya untuk mencoba proses penyelamatan," ungkap anggota konservasi Brent Bevan, seperti dikutip AFP,

Terdamparnya ikan paus di Pulau Stewart merupakan hal yang biasa. Sebelumnya kejadian serupa terjadi pada 2003. Saat itu sekira 160 ikan paus sekarat terdampar di pulau terpencil tersebut.