Pulau Sengketa Hilang Ditelan Air

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


Pulau Sengketa yang banyak di perbincangkan tiba2 hilang?? Sebuah pulau kecil yang menjadi akar persengketaan wilayah antara India dan Bangladesh, hilang akibat naiknya permukaan air serta erosi. Hilangnya pulau ini tentunya menyelesaikan sengketa batas wilayah antara India dan Bangladesh.

Pulau tidak berpenghuni yang dinamakan New Moore oleh India dan Pulau Talpatti Selatan oleh Bangladesh ini memiliki panjang sekira 3,5 kilometer dan lebar 3 kilometer, sebelum ditelan oleh peraian Teluk Bengal.

"Tidak ada jejak dari pulau itu lagi. Setelah melakukan penelitian melalui satelit, kami juga memastikan hilangnya pulau itu dari keterangan nelayan," ungkap Profesor Ilmu Kelautan Universitas Jadavpur Sugata Hazra, seperti dikutip AFP, Kamis (25/3/2010).

Hazra menyatakan, pemanasan global dan erosi diduga kuat menjadi penyebab hilangnya pulau itu. Dia menambahkan hilangnya pulau ini menuntaskan sengketa batas wilayah antara India dan Bangladesh. Tentunya kondisi ini dapat memperbaiki hubungan India-Bangladesh yang saling mengklaim pulau tersebut.

Pada 1981 silam Angkatan Laut India menancapkan bendera nasional India di atas pulau itu. Namun tidak ada permukiman dibangun di atas pulau sengketa ini. Pulau yang dipercaya terbentuk akibat badai siklon sekira 40 tahun lalu itu terletak di delta mangrove di muara sungai Hariabhanga yang memisahkan India dan Bangladesh.

Tinggi pulau ini tidak pernah melebihi dua meter di atas permukaan laut.

sumber : okezone