Telah Ditemukan Perkuburan Seorang Ratu Misterius

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


Arkeolog Prancis menemukan kamar pekuburan seorang ratu misterius bernama Ratu Behenu dari Kerajaan Kuno Mesir lebih dari

4.000 tahun lalu. Penemuan itu diumumkan arkeolog Prancis, Rabu 3 Maret 2010.

Pekuburan Saqqara di luar kota Kairo tersebut menghasilkan serangkaian penemuan baru saat 10 tim berbeda menggali wilayah pekuburan yang belum pernah tersentuh peneliti ini. Pekuburan itu digunakan selama lebih dari 2 ribu tahun hingga zaman Romawi.

Tim Prancis yang diketuai Philippe Collombert mengatakan, mumi Ratu Behenu telah hancur, tetapi ruang pekuburan tersebut berisi hieroglif hijau yang tertulis di atas batu putih yang disebut "Pyramid Texts."

"Kami senang karena naskah-naskah itu terlindungi," kata Collombert pada Associated Press, seraya menambahkan bahwa gelar ratu tertulis di dinding ruang kuburan setinggi 10x5 meter di dalam piramida kecil ratu tersebut.

Naskah itu terutama berisi doa untuk melindungi jenazah ratu dan transisinya ke kehidupan setelah mati.

Collombert menyebut ratu itu misterius karena tidak diketahui apakah dia adalah istri Raja Pepi I atau II, dua firaun yang lama berkuasa dari Dinasti Keenam. Di bawah dinasti tersebut, periode Kerajaan Kuno Mesir berakhir. Piramida-piramida dari periode tersebut sebagian besar terkonsentrasi di Saqqara

Menurut Collombert, para peneliti bekerja di area tersebut sejak 1988 dan telah mengungkap tujuh piramida milik ratu-ratu dari dinasti keenam, tetapi piramida milik Ratu Behenu merupakan satu-satunya piramida dengan naskah doa tertulis di dindingnya.


sumber : Vivanews