Cara Custom Domain Blogspot yang Aman

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


WillyNews, Tips Blog. Blogger yang ngeblog di blogspot seringkali melakukan investasi dengan ganti menggunakan nama domain sendiri yang selama ini masih menggunakan subdomain blogspot setelah beranjak sukses dalam ngeblog. Dan akibat dari proses pindahnya domain ini akan mengakibatkan hilangnya semua rangking blog. Ini akibat yang ditanggung oleh pelaku custom domain.

Tapi yang kadang menjengkelkan adalah akibat tidak enak juga harus ditanggung blogger lain dan kawan-kawan yang selama ini telah melakukan tukar link atau telah memberi backlink pada artikelnya. Ini akan merepotkan orang lain, kalau anda sering melakukan hal ini maka jangan salahkan kalau kemudian para kawan anda malas memberi linkback pada anda.

Para pemberi link akan menderita broken link karena proses perpindahan domain ini dan itu artinya merugikan orang yang sudah berbuat baik dengan anda. Meskipun anda mengabarkan perpindahan domain pada mereka maka tetap saja anda akan merepotkan karena harus mengedit link anda. kalau cuma di sidebar sih gak masalah, tapi kalau di artikel, itu yang malas. Kalau artikel yang melinkback anda ada 40 artikel gimana coba? butuh waktu dan biaya untuk mengeditnya kan?

OK faktor biaya kita abaikan, tapi bagaimana dengan waktu?, apa harus tergesa-gesa mengedit link anda dengan harapan tidak keburu ditemukan mesin pencari bahwa ada broken link? Kalau sampai kalah cepat dengan jadwal kunjungan mesin pencari maka itu bisa membuat blog turun kekuatannya di SERP. Nah bisa sakit ati tuh kalo orangnya tidak baik hati. Lalu bagaimana cara agar proses custom domain blogspot tidak merugikan orang lain? Kita juga tidak repot dan orang lain tidak dirugikan. Untuk melakukan hal ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan dan merupakan bagian Jurus SEO Cewek Muda yang sedang saya kembangkan, wekekeke kayak riset aja.

Yang jelas untuk custom domain tidak merugikan orang anda harus melakukan step by step dibawah ini:

  • Yang di-custom domain jangan blog yang lama.
  • Lakukan custom domain pada blog baru (bikin lagi).
  • Lakukan export import artikel dari blog lama ke blog baru.
  • Perintahkan search engine untuk tidak mengindex lagi blog lama.
  • Pastikan susunan meta dll yang penting dalam SEO di blog baru sama dengan blog lama sebelum ganti domain custom.
  • Lakukan rekonsiderasi di google webmaster tools.
  • Kalau bisa pelan-pelan anda edit artikel (jangan dihapus) di blog lama hanya berisi link penerusan pada artikel di blog baru. Ini kalau anda sempat dan tidak harus sekaligus.
  • Buat pengumuman yang besar di blog lama anda bahwa blog telah dipindahkan.
  • Lakukan redirect ke blog baru dengan durasi waktu sekitar 15 detik (kenapa harus 15 detik?)
  • Tetap kabarkan pada kawan-kawan anda yang telah memberi link bahwa anda telah berganti domain. Minta kalau sempat untuk mengedit link yang telah diberikan.

Nah apa kelebihan cara diatas? Yang jelas anda tidak membuat orang lain tergesa-gesa harus mengedit link karena kalaupun tidak diedit sekalipun tidak terjadi broken link (blog lama kan masih ada?).

Sampai sini dulu penjelasannya, ada yang bingung? atau ingin tahu langkah lebih teknis untuk melakukannya?. kalau iya silahkan bertanya dikomentar.