Review dan Spesifikasi Lenovo IdeaPad Z360

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


WillyNews, Teknologi, Notebook. Inilah Review dan Spesifikasi Lenovo IdeaPad Z360. Lapisan luarnya terbuat dari bahan metal hitam halus mengkilap. Ketika dibuka, sebuah layar seluas 13,2 inci dan deretan tombol papan ketik berwarna silver terhampar di muka.

Itulah tampilan notebook Lenovo IdeaPad Z360, sebuah komputer jinjing yang ditujukan untuk aktivitas multimedia. Ketika menekan tombol power di sebelah kiri atas keyboard, layar dengan resolusi 1.366 x 768 piksel memendarkan cahaya dan menghadirkan tampilan yang tajam.

Lantaran digadang-gadang sebagai notebook multimedia, berbagai aktivitas yang menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, dan video sudah dipadukan dalam One Key Theater Enhanced Audio and Video Setting, yang tersedia di bagian atas keyboard. Pengguna jadi lebih mudah mengaktifkan dan mematikan speaker, memutar video, juga mengetahui indikator kapasitas baterai.

Masih berkaitan dengan fungsi multimedia, komputer ini dilengkapi dengan port HDMI, yang mampu menampilkan gambar berdefinisi tinggi (high definition/HD) ke perangkat lain, Dolby Advanced Audio untuk suara yang jernih melalui speaker yang ditanamkan di sisi kanan dan kiri atas papan ketik, layar LED panel yang mampu menampilkan gambar resolusi tinggi, serta onboard DVD burner di sisi kanan.

Guna memperbesar tampilan pada layar, pengguna dapat mengaktifkan fitur Magnifier untuk memperjelas seluruh gambar atau hanya sebagian. Perbesaran bisa dilakukan sampai dua kali lipat dari tampilan awal. Adapun layanan konektivitas didukung fitur Wi-Fi. Bluetooth, dua port USB 2.0, 5-in-1 card reader (SD, SD pro, MMC, MS pro, XD), headphones jack , microphone jack , web camera 1,3 Megapiksel, serta teknologi eSATA untuk transfer data lebih cepat ke perangkat lain.

Selain asyik digunakan untuk menonton film dan video, Lenovo IdeaPad Z360 nyaman digunakan untuk mengetik. Desain tombol papan ketik agak besar sehingga kegiatan mengetik menjadi lebih leluasa dan trackpad yang bertekstur membuat jemari tidak "selip" atau licin ketika digunakan untuk navigasi.

Berjalan dengan sistem operasi Windows 7 Home Premium dan prosesor Intel Core i5 2.53 GHz, Lenovo membenamkan banyak fasilitas pada notebook tersebut. Diantaranya One Key Recovery, Lenovo DirectShare, Lenovo Ready Comm5, Lenovo VeriFace 3.6, Lenovo Enhanced Experience, dan Speech Recognition. One Key Recovery merupakan satu kunci yang dapat mengembalikan pengaturan notebook seperti ketika pertama kali dibeli. Untuk mengaktifkannya, cukup menekan sebuah tombol yang terletak di sebelah tombol power. Sedangkan Lenovo VeriFace 3.6 dan Speech Recognition adalah fitur untuk meningkatkan pengamanan pada komputer supaya tidak jatuh ke tangan jahil.

Pada komputer jinjing dengan memori 8 Gigabita dan menggunakan baterai Lithium-Ion enam cell itu, Lenovo menerapkan teknologi smart fan noise control, yang meminimalkan suara kipas pada hard drive. Bagi yang sering bepergian dengan membawa laptop, Lenovo IdeaPad Z360 tampaknya cukup "berbobot" untuk dibawa ke mana-mana. Itu wajar saja karena komputer jinjing dengan berat sekitar 2 kilogram ini telah dilengkapi dengan onboard DVD burner. (wLy)