Hewan Bertaring Besar, Tapi Vegetarian

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


WillyNews, Sains. Dilengkapi dengan senjata berupa gigi panjang yang menyeramkan, Tiarajudens eccentricus ternyata vegetarian. Tiarajudens eccentricus bukan hanya punya sepasang gigi panjang, melainkan juga gigi-gigi yang bertaburan di langit-langit mulut nenek moyang mamalia bergigi besar itu. Menurut peneliti, gigi tersebut secara cepat menggantikan gigi yang hilang, seperti pada hiu.

Ahli purbakala Juan Carlos Cisneros, yang menemukan fosil Tiarajudens eccentricus di Brasil mengatakan bahwa mamalia ini tampak seperti kombinasi beberapa hewan yang berbeda. "Gigi serinya seperti kuda, pas untuk memotong dan menarik tanaman. Gerahamnya untuk mengunyah, dan taringnya seperti taring pada kucing bergigi pedang," papar Cisneros.

Temuan ini mengejutkan bagi Jörg Fröbisch yang juga seorang ahli purbakala. "Kita biasanya tak akan menduga ada karnivora bertaring besar," kata Fröbisch yang tidak terlibat dalam studi.

Para peneliti menduga bahwa gigi besar tersebut dipakai untuk mengusir atau menakuti predator. Mereka juga mengungkap kemungkinan penggunaan gigi tersebut untuk berkelahi dengan sesama spesies.