Kebakaran PT Pertamina UP IV Cilacap

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


WillyNews, Berita Terkini Kebakaran PT Pertamina UP IV Cilacap. Kebakaran di PT Pertamina RU IV Cilacap menghasilkan asap tebal yang membumbung tinggi dan menyebar ke seluruh penjuru Kota Cilacap, hingga radius 20 km.

Petugas mengimbau warga untuk tidak mendekat lokasi kebakaran di jarak kurang dari 1 km. Para petugas di Pertamina yang masih berada di lokasi pun dihimbau untuk segera menjauh dari lokasi.

Tidak ada upaya pemadaman kembali, kecuali pendinginan yang dilakukan di tangki-tangki sebelahnya, namun nyatanya usaha tersebut sia-sia. Angin yang bertiup kencang membuat lalapan api semakin menjadi. Saat ini api kian membesar dan angin mengarah ke selatan, dikhawatirkan kebakaran kembali mejalar ke tangki lain.

Sampai saat ini, banyak warga yang penasaran dan justru berbondong-bondong melihat secara dekat peristiwa kebakaran tersebut. Mereka memenuhi Jl Rinjani yang merupakan jalan alternatif menuju Pertamina, sedang Jl MT Haryono sejak tadi sudah diblokir. Tak sedikit warga mengabadikan peristiwa tersebut dengan menggunakan kamera, handycame, maupun telepon selular.

Sementara api sulit dipadamkan lantaran HOMC dalam tangki raksasa belum habis. Usaha pendinginan tidak banyak membantu. Buktinya, pukul 14.50 WIB tangki kedua di sebelah tangki pertama ikut meledak. Sejauh ini Pertamina dibantu petugas menyemprotkan foam dan air untuk mendinginkan tangki.

Polisi belum bisa memastikan penyebab kebakaran di kilang terbesar di Indonesia itu. Kepala Polres Cilacap Ajun Komisaris Besar Rudi Darmoko meminta warga tidak panik. Sedikitnya 500 personel polisi bersiaga di sekitar lokasi.