Keuntungan Mempunyai Domain Sendiri

Di Tulis Oleh Kucheng Ling

Domain Sendiri
Willynews, Keuntungan Mempunyai Domain Sendiri. Aktivitas blogging merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan. Berbagai tujuan diterapkan oleh para blogger sehingga mereka memutuskan untuk memiliki sebuah blog. Penyedia layanan blog saat ini juga beraneka ragam. Dari yang local sampai luar bahkan ada provider yang memberikan layanan blog secara gratis. Sebut saja blogspot.

Blogspot merupakan anak perusahaan google yang secara otomatis kita akan menemukan banyak kelebihan jika kita menggunakan platform blog yang satu ini. Disamping gratis juga dijamin tidak akan kalah saing dengan platform blog yang berbayar. Dari penyediaan space yang melimpah, bandwidth yang dijamin tidak akan kehabisan plus server yang sangat stabil. Dibalik semua itu yang namanya layanan gratis pasti ada aturan yang mengikat sebut saja TOS. Tapi tenang dulu TOS di blogspot tak seketat di wordpress.com.

Salah satu keleluasaannya adalah kita bias memasang javascript yang biasannya digunakan dalam program periklanan. Sedang wordpress, kita tidak akan menemukan fasilitas ini kecuali wordpress self host (wordpress.org)

Satu lagi kelebihan yang akan saya angkat dalam posting kali ini ialah keleluasan kita untuk mengganti domain dari namadomain.blogspot.com (sub domain) menjadi namadomain.com (domain berbayar) lagi-lagi fitur ini melumpuhkan kompetetornya wordpress.com yang bilamana kita berencana merubah namadomain kan dikenakan biaya pertahun. Dengan penggunaan nama domain sendiri ini sudah barang tentu memiliki banyak kelebihan dan keuntungan. Diantaranya;

  1. Ngeblog akan berkesan lebih serius, biasanya seorang blogger yang memutuskan untuk menggunakan nama domain sendiri telah mengindikasikan bahwa aktivitas blogging yang dijalaninya merangkak naik ke tahap serius tentunya ini lebih memotivasi kita. Meski tak dapat dipungkiri juga banyak blogger yang serius meski menggunakan sub domain.
  2. Membangun brand sendiri, memiliki nama domain sendiri berarti berusaha membangun “nama” di dunia maya. Dengan menggunakan domain sendiri sudah barang tentu secara tidak langsung mencoba melambungkan nama yang dikantongi dalam kegiatan per-blogging-an. Ini akan melahirkan kesan tersendiri.
  3. Cepat memiliki alexa rank, hal ini saya sebutkan berkenaan dengan pengalaman saya setelah mengganti domain untuk blog yang saya hosting di blogspot. Hanya berselang beberapa minggu, ketika saya cek alexa rank-nya di situs alexa ternyata sudah muncul. Ini sangat berbeda sekali dengan blog saya lainnya yang juga numpang hosting di blogspot tetapi masih menggunakan subdomain yang terkesan lamban menorehkan ranking alexa, entah apa sebabnya. Jika ditinjau dari traffic pengunjung blog saya yang menggunakan subdomain tersebut lebih ramai ketimbang blog ini. Mungkin teman-teman dapat sharing akan hal ini?!
  4. Dapat menghost dimanapun (ngeblog lebih aman), bilamana kita berencara bermigrasi dari blogspot (layanan hosting gratis) ke hosting berbayar otomatis akan sangat mudah sekali dan kita tidak akan kehilangan “prestasi” yang telah ditorehkan nama domain tersebut. Ini sangat berbeda dengan sub domain, karena jika kita berencana untuk pindah hosting atau menyewa hosting berarti sama saja memulai dari awal untuk menorehkan “prestasi”
  5. Peluang monetasi lebih besar, siapa saja yang memulai untuk melakukan aktivitas blogging ujung-ujungnya pun tak bias jau dari yang namanya monetasi. Siapa yang tidak mau mendulang uang dari internet? Nah ini juga merupakan salah satu poin yang dimiliki jika kita memiliki nama domain sendiri. Karena ada beberapa program menjaring uang diinternet yang mensyaratkan blog yang mengikuti program tersebut, bukan blog dibawah sub domain melainkan memiliki nama domain sendiiri.
  6. Alamat blog menjadi lebih sederhana, coba bayangkan bagaimana panjangnya lamat blog yang menggunakan sub domain? Ini bias diminimalisir dengan memilki nama domain sendiri, selain nama domain lebih singkat juga yang pasti akan mudah diingat tanpa embel-embel sub domain.

Mengenai keuntungan ini saya pikir teman-teman blogger memilki point-point tersendiri. Terlepas dari point-point tersebut tentunya ada tujuan tersendiri sehingga memilih cara ini. Puny aide lain ataupun saran mari kita sharing agar semakit erat kita bangun komunitas blogger kita!!!