Nama-Nama Calon Ketua Umum PSSI Yang Muncul Jelang Kongres

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


WillyNews, Nama-Nama Calon Ketua Umum PSSI Yang Muncul Jelang Kongres. Bursa pencalonan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota Komite Eksekutif atau Pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) 2011-2015 baru mulai dibuka hari ini (Selasa, 12/4/2011). Sejumlah nama bermunculan. Akankah mereka sampai didaftarkan?

Komite Normalisasi PSSI telah menetapkan penyelenggaraan kongres untuk memilih sebelas anggota Komite Eksekutif (Komeks) PSSI 2011-2015 itu bakal digelar 20 Mei nanti. Federasi Asosiasi Sepakbola Internasional (FIFA) yang memberikan mandat kepada Komite Normalisasi itu telah mewanti-wanti dalam surat resmi mereka bahwa empat bakal calon terdahulu tidak boleh kembali maju.

Keempat bakal calon yang sebelumnya telah dibatalkan Komite Banding pimpinan Tjipta Lesmana dengan Wakil Ketua Gayus Lumbuun itu ialah Nurdin Halid, Nirwan Dermawan Bakrie, George Toisutta, dan Arifin Panigoro.

Larangan FIFA itu memunculkan calon-calon lain yang diharapkan mampu membawa sepakbola Indonesia ke masa kejayaan di bawah kepengurusan PSSI mendatang. Berikut nama-nama yang mulai bermunculan setelah FIFA resmi membentuk Komite Normalisasi PSSI dan menunjuk Agum Gumelar sebagai ketua dan tujuh lainnya sebagai anggota:

  1. Wali Kota Gorontalo yang juga Ketua Umum Persigo Gorontalo Adhan Dambea. Dia mendeklarasikan kesiapannya maju bursa pencalonan pengurus PSSI 2011-2015 pada Minggu (10/4/2011). Dia mendeklarasikan kesiapnnya itu di Hotel Aryaduta, Jakarta.
  2. Dirut Semen Padang yang juga Ketua Umum PS Semen Padang Widodo Santoso mendeklarasikan diri siap maju sehari setelah deklarasi Adhan Dambe, yakni Senin (11/4/2011). Dia siap menjadi anggota Komeks PSSI. Dia mendklarasikan kesiapannya itu Hotel Sultan, Senayan, Jakarta.
  3. Di hari yang sama (Senin (11/4/2011), di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Yusuf Rizal yang mengaku sebagai penggiat sepakbola dan belakangan menjadi aktivis lembaga swadaya masyarakat menyatakan siap bertarung memperebutkan kursi PSSI-1. Yusuf Rizal kini sebagai Presiden Lumbung Informasi Rakyat (LIRA).

Di luar mereka yang mendeklarasikan diri, ada sejumlah orang melemparkan pernyatan atau ramai disebut-sebut siap dicalonkan. Berikut nama-nama mereka:

  1. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan disebut-sebut sebagai calon yang bakal maju di bursa calon ketua umum PSSI. Dia mantan Ketua Harian Persebaya Surabaya dan ikut mengantarkan Persema Manado tembus ke Divisi Utama Liga Indonesia. Di situs jejaring social, muncul beberapa gerakan mendukung pencalonan EE Mangindaan.
  2. Mantan walikota Jayapura yang tercatat sebagai Manajer Persipura Manase Robert Kambu.
  3. Erwin Aksa, tokoh muda yang juga Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan mantan Manajer Tim PSM Makassar.
  4. Mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso. Dia seringkali menyatakan kesiapannya memimpin PSSI di sejumlah media massa.
  5. Ketua Badan Pembinaan dan Pengembangan Usia Muda (BPPUM) Rahim Soekasah. Klub Pelita Jaya Karawang, Jawa Barat, mengusung bekas Ketua Badan Tim Nasional itu.
  6. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun,mantan Ketua Umum PSM Makassar itu secara tegas telah menolak keinginan sejumlah pihak yang mengusungnya menjadi pemimpin PSSI periode mendatang.
  7. Anggota Komite Etik FIFA Suryadharma “Dali” Tahir. Di PSSI, dia juga menjadi deputi sekretaris jenderal bidang luar negeri.

" Nama-Nama Calon Ketua Umum PSSI Yang Muncul Jelang Kongres " Komite Normalisasi telah menetapkan roses pengajuan pencalonan bakal calon anggota Komeks PSI 2011-2015 dibuka selama 12-17 April ini. Pengajuan pencalonan itu boleh dilakukan oleh seluruh anggota PSSI yang terdaftar dan aktif mengikuti kompetisi. Jumlah anggota PSSI yang terdaftar mencapai 560.

Untuk bisa maju, seorang bakal calon hanya perlu diajukan oleh minimal anggota PSSI itu. Bakal calon yang lolos verifikasi kemudian dibawa ke kongres untuk dipilih oleh 100 anggota PSSI yang punya hak suara. Akankah nama-nama tersebut hanya meramaikan bursa menjelang Kongres PSSI untuk memilih ketua umum, wakil ketua umum, dan sembilan anggota Komeks PSSI 2011-2015 pada 20 Mei nanti? Kita tunggu saja adakah anggota PSSI yang mendaftarkan atau mendukung pendaftaran mereka ke Komite Normalisasi?

(Inilah)