Berapa Banyak Air Dibutuhkan Kulit?

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


Salah satu tip sehat dan cantik yang sering dilontarkan praktisi kesehatan adalah minum 8 gelas sehari. Dan katanya lagi, ketika kita mengonsumsi 8 gelas air putih setiap hari akan membuat kulit kita jauh dari kata kusam dan kering. Tapi apa iya takaran idealnya 8 gelas? Apa yang terjadi pada kulit jika kita minum terlalu banyak air?

Dr. Leslie Baumann, direktur dari Baumann Cosmetics and Research Institute di Miami Beach, bercerita bahwa setiap sistem tubuh membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Dan kulit masuk di dalamnya.

Tapi jika kulit kita sudah terlanjur kering, maka yang harus kita pikirkan bukan berapa banyak gelas air putih yang harus kita tambahkan ke dalam tubuh. Melainkan seberapa baik kulit kita mengeluarkan pelembap alaminya. Karena sebenarnya, setiap kita memiliki pelindung kulit yang berfungsi mengunci kelembapan dengan cara memastikan sel-sel kulit mengikat air dengan sempurna.

Hanya saja kondisi eksternal seperti sering berada di ruangan ber-ac, atau panas terik matahari, dan polusi udara membuat sel-sel kulit merenggang yang kemudian diikuti dengan melonggarkan “kunci” pengikat air. Tidak berhenti sampai di sana, kondisi ini akan membuat kulit semakin kering dan kerutan-kerutan pun tak bisa dihindari.

Penanganan pertamanya, saran Baumman adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 seperti ikan salmon dan biji rami atau flaxseed. Makanan-makan ini yang nantinya akan menjadi pelindung kulit baru untuk mengunci air lebih kuat.

Lalu bagaimana dengan takaran 8 gelas air putih setiap hari? Bagi Baumman, 8 gelas bukanlah ukuran yang harus menjadi patokan semua orang. “Jangan salah sangka dulu. Saya ingin mengingatkan, bahwa tubuh membutuhkan 20 air dari makanan dan minuman. Dan bicara mengenai minuman, cangkir kopi serta teh yang kita nikmati itu juga masuk hitungan.”

Artinya, Baumman menambahkan, ukuran ideal untuk mengonsumsi air sangat dipengaruhi oleh ukuran tubuh dan tingkat aktivitas kita. “Tapi jika kita berbicara sumber air yang paling baik untuk kulit, jawaban konkreatnya hanya satu, yaitu air putih.”

Sedangkan untuk minuman seperti jus, Baumman mengingatkan agar tidak ditambahkan dengan gula karena gula adalah salah satu penyebab kerutan wajah. Alternatif lainnya, Baumman menyarankan agar kita menikmati teh hijau yang memang kaya akan antioksidan. “Setelah semuanya dilakukan dengan benar, saya ucapkan selamat menikmati kulit indah dan sehat Anda.”

Sumber : preventionindonesia