Cara Pintar Atasi Penyakit Lupa

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


Willy Weblog-Lupa adalah ’penyakit’ manusia yang khas. Tidak jelas benar apakah makhluk lain dapat lupa juga, sehingga kerap dikatakan bahwa ’lupa itu manusiawi’. Meski demikian...

hal itu tidak boleh menjadi alasan karena atasan atau kekasih Anda pasti jengkel dan marah apabila Anda lupa sesuatu kepada mereka.

Beruntung teknologi berhasil menciptakan ’obat’ atas penyakit satu ini, yaitu dengan memanfaatkan ponsel, baik ponsel cerdas (smartphone) atau PDA (personal digital assistant). Mungkin begitu kronisnya penyakit yang satu ini sehingga fungsi reminder atau alarm termasuk salah satu fungsi yang pertama kali ditanamkan ke dalam ponsel.

Kini, hampir semua ponsel - mulai dari kelas low-end hingga yang super canggih - memiliki fungsi tersebut, meski dengan nama yang berbeda-beda. Ada ponsel yang sekedar memberikan fungsi alarm, ada juga yang mengintegrasikannya ke dalam fungsi agenda atau jadwal, misalnya aplikasi Calendar pada PDA berbasis Windows. Nah, tinggal bagaimana Anda dapat memberdayakan dan mengoptimalkan fungsinya.



Secara umum, penggunaan fungsi pengingat ini sangat mudah. Anda tinggal mencantumkan hal yang perlu diingatkan dan mengatur waktu yang diinginkan. Namun pada banyak ponsel, biasanya tempat yang tersedia untuk menuliskan hal yang perlu diingatkan tidak banyak sehingga Anda perlu memikirkan kata-kata yang seefisien mungkin, misalnya ultah pacar atau beli pulsa.

Agar optimal, usahakan pengaturan waktu sedetil mungkin. Misalnya jika Anda ingin diingatkan untuk rapat pukul 10.00, aturlah agar reminder berbunyi pada pukul 09.55 sehingga Anda masih punya waktu lima menit untuk bersiap-siap.

Fungsi reminder juga akan optimal jika gadget selalu Anda bawa. Tidak ada gunanya mengatur reminder jika ponsel Anda taruh dalam laci sehingga kemungkinan tidak terdengar. Oleh karena itu, jangan pernah meninggalkan ponsel ke manapun Anda pergi - ke toilet sekalipun. Jika kebetulan Anda sedang berada di tempat yang tidak memungkinkan membunyikan alarm, aturlah agar ponsel bergetar.



Jika Anda sedang mengerjakan sesuatu yang tidak dapat ditinggalkan sehingga terpaksa menunda sebentar hal yang diingatkan ponsel, aturlah agar ponsel kembali mengingatkan Anda beberapa saat kemudian. Beberapa gadget telah dilengkapi fungsi menunda secara otomatis, misalnya pilihan snooze pada PDA berbasis Windows. Jika pilihan ini tidak tersedia, segera edit waktu reminder agar berbunyi misalnya lima menit kemudian dan aktifkan kembali.

Get paid To Promote at any Location