Vaksin Kanker Payudara Akan Hadir

Di Tulis Oleh Kucheng Ling



Vaksin Kanker Payudara Siap Diuji Coba, Di kalangan perempuan, kanker payudara merupakan penyakit yang jadi momok menakutkan. Kemajuan dalam penelitian kanker payudara mengarahkan kita pada kemungkinan adanya vaksin untuk mencegah kanker ini.

Dalam beberapa tahan penelitian, yang terakhir di lakukan pada mencit di laboratorium diketahui vaksin pencegah kanker payudara berpeluang besar untuk dipakai oleh manusia. Karena itu tahun depan diharapkan sudah bisa dilakukan uji klinis pada perempuan.



"Kami percaya di masa datang vaksin ini akan bisa dipakai untuk mencegah kanker payudara pada perempuan dewasa, seperti halnya vaksin yang dipakai untuk mencegah berbagai penyakit pada anak," kata ketua peneliti Vincent Tuohy, ahli imunologi dari Cleveland Clinic's Lerner Research Institute.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan memberikan vaksinasi pada mencit-mencit yang secara genetik didesain untuk menderita kanker payudara. Pada mencit yang divaksin dengan antikankter ternyata tidak terjadi pertumbuhan tumor.

Para peneliti mengatakan vaksin tersebut ditargetkan untuk perempuan berusia lebih dari 40 tahun karena mereka adalah kelompok yang paling beresiko. "Bila vaksin ini bisa bekerja pada manusia, ini akan sangat monumental dan kita bisa menghilangkan kanker payudara," kata Tuohy.
source : kompas.com