Berita Kongres PSSI 2011 | Hasil

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


WillyNews. Informasi berita dari hasil kongres PSSI 2011 di Pekanbaru. Badan Sepak Bola Tertinggi Indonesia (PSSI) telah memutuskan akan menggelar Kongres PSSI untuk pemilihan anggota Komite Pemilihan dan Komite Banding di Pekanbaru, Riau, 26 Maret nanti. Saat ini, PSSI telah menerjunkan tim khusus untuk menyiapkan Kongres tersebut.

Dan Apa hasil dari kongres PSSI 2011 ini?. “Undangan sudah mulai disebarkan kepada anggota PSSI yang memiliki suara. Undangan tersebut diedarkan bersama formulir pengajuan anggota Komite Pemilihan dan Komite Banding serta Peraturan Organisasi yang telah dibuat PSSI,” kata Nugraha Besoes, Sekretaris Jenderal PSSI, kepada wartawan, Jumat (18/3).

Menurut Nugraha, anggota PSSI yang diundang berjumlah 100. Klub sepak bola dan Pengurus Provinsi PSSI yang mendapat undangan kongres ini sama dengan mereka yang diundang saat Kongres Tahunan di Bali, Desember akhir tahun lalu. “Tapi ada sedikit perubahan. Ada beberapa pengurus yang sudah berganti,” kata Pria yang biasa disapa Kang Nug ini.

Nugraha mencontohkan Syahrial Darmopolii tidak lagi menjadi Ketua Pengprov PSSI Sulawesi Utara karena anggotanya tidak lagi menginginkan dia menjabat sebagai pimpinan pengprov lagi. “Anggota Pengprov Sulawesi Utara telah melayangkan suratnya ke PSSI dan kami menerimanya,” kata Nugraha. Syahrial merupakan tokoh vokal dalam pembentukan Komite Penyelamat Persepakbolaan Nasional (KPPN) sekaligus menjadi ketua komite tersebut.

Terkait adanya PO yang dibagikan berbarengan dengan undangan kongres, Nugraha menjelaskan bahwa isi PO tersebut adalah penjelasan rinci tentang aturan dan tata cara Kongres PSSI sesuai dengan FIFA Standar Electoral Code. Isi PO ini juga telah diterjemahkan dalam bahasa inggris dan dikirim ke FIFA. “Mungkin satu atau dua hari ini sampai,” ujarnya.

PO tersebut disusun oleh “Tim 8” PSSI yang diketuai oleh salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI, Ibnu Munzir. Peraturan tersebut nantinya yang akan menjadi acuan pelaksanaan pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding, pada Kongres 26 Maret nanti. Dua komite hasil Kongres tersebut nantinya bertugas menyiapkan dan menggelar Kongres Pemilihan Ketua Umum PSSI 2011-2015 serta wakilnya dan anggota Komite Eksekutif PSSI, 29 April mendatang.

"Dalam menyusun atau merumuskan Peraturan Organisasi ini kami mendalami pula ketentuan-ketentuan dari Statuta FIFA, Statuta PSSI, dan Peraturan Organisasi PSSI yang berkaitan dengan pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Exco," kata Ibnu Munzir, ketua "Tim 8", dalam rilis yang diterbitkan situs resmi PSSI.

Muzir memperjelas bahwa PO itu terdiri dari delapan pasal, mengenai aturan, ketentuan, dan tata cara pelaksanaan Kongres PSSI 26 Maret dan Kongres 29 April nanti, dari proses pemungutan suara, penempatan suara ke kotak suara, hingga perhitungan suara. Pembuatan PO ini sesuai dengan Instruksi rekomendasi FIFA yang disampaikan melalui suratnya, 3 Maret lalu.