Langkah Hindari Bahaya Sinar UVA dan UVB

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


WillyNews - Tips. TAK ada kata terlambat untuk memulai upaya melindungi kulit tubuh dari paparan sinar matahari, terutama yang berbahaya yakni sinar UVA dan UVB.

Sebab melindungi kulit dari sinar matahari lebih serius daripada mencegah kulit terbakar.

Paparan sinar matahari pada kulit yang tak terlindung bisa menimbulkan keriput, penuaan dini, dan yang terburuk yakni kanker kulit. Namun, jangan khawatir, berikut beberapa langkah mudah yang bisa dicoba supaya Anda tetap bisa menikmati hangatnya sinar matahari sekaligus menghindari efek buruknya:

1. Pastikan menggunakan tabir surya yang mengandung perlindungan terhadap sinar UVB dan UVA. Untuk UVB, kadar SPF setidaknya 15 sedangkan UVA tak mengandung SPF. Baik UVA maupun UVB sama-sama menyebabkan kanker kulit dan keriput. Maka itu, produk tabir surya yang Anda gunakan sebaiknya mencantumkan label 'melindungi dari UVA'.

2. Waktu paling terburuk untuk berada di pantai adalah antara pukul 11.00-15.00 siang.

3. T-shirt tidak melindungi dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Yang efektif menggantikan peran t-shirt adalah topi!

4. Sebagian besar kacamata hitam yang trendi bisa melindungi Anda dari sinar UVB, tapi tidak terhadap UVA, tapi ada beberapa merek kacamata yang melindungi terhadap UVA dan UVB. Maka itu, ada baiknya membeli kacamata hitam di optik tepercaya. (wLy)