Inilah Penyebab Penyakit Keringat Darah

Di Tulis Oleh Kucheng Ling

Penyebab Penyakit Keringat Darah - Apa penyebab utama dari penyakit keringat darah? Yuks kita simak penjelasannya. Dora Indrawati Trimurni (25) saat ini sedang ditangani secara intensif oleh Tim dokter Rumah Sakit Cipto Mangunkusuimo (RSCM) Jakarta karena menderita penyakit kelainan darah Von Willebrand, dimana darah keluar dari pori-pori di kepala.

Lantas, seperti apa penyakit (kerkeringat darah di kepala) yang menggerogoti tubuh Dora ? dan apa penyebab penyakit keringat darah ini....

Penyakit yang disebut Von Willebrand adalah penyakit keturunan sangat umum dari kelainan darah. Orangtua yang mengidap penyakit ini bisa dipastikan anaknya akan mengalami penyakit serupa.

Penyakit kelainan darah ini muncul akibat kekurangan von Willebrand factor (VWF) dan faktor VIII dalam darah.

VWF adalah protein dalam sel darah merah yang diperlukan untuk pembekuan darah. Sedangkan faktor VIII adalah salah satu protein yang dibutuhkan umuk inembentuk jaringan yang kuat.

Dokter spesialis hematologi RSCM,Dr. Shudpri Efendi menjelaskan, penyakit ini disebabkan oleh masalah Von Willebrand Factor (VWF).

"Jika tidak terdapat cukup VWF dalam darah, atau tidak bekerja dengan baik, pembekuan darah memerlukan waktu lebih lama,"jelas Shupri

Menurut Shufrie, kelainan perdarahan bisa terjadi karena ada gangguan pada hemotasis primer, hemotasis sekunder, dan hemotasis tersier.

Gejala awal sering berdarah

Secara umum, penyakit VWD tidak separah penyakit gangguan perdarahan lain. Sebagian besar penderitanya hanya menunjukkan gejala klinis ringan, semisal suka berdarah, biru-biru, mimisan, menstruasi dalam jangka waktu lama, dan perdarahan yang sulit berhenti.

Gara-gara gejala pendarahannya ringan, banyak orang tidak menyadari dirinya mengidap penyakit ini. Penyakit VWD akan menjadi serius jika orang tersebut menjalani operasi atau pada perempuan saat mengalami menstruasi dan persalinan.

Sementara itu, Prof Dr dr Karmel Tambunan, Spesialis Hematologi dan Onkologi mengatakan, kelainan dari perdarahan bisa karena herediter (diturunkan) atau didapat.

"Kalau diturunkan, biasanya dari kecil sudah timbul perdarahan. Misalnya waktu mens pertama kali, ada perdarahan berat maka bisa dipikirkan kalau ini karena turunan," ungkapnya.

Namun, untuk kasus Dora, Karmel menduga kecil kemungkinan herediter. Namun, bisa saja herediter, tetapi ringan, disebabkan kejadiannya baru muncul sesudah dia (Dora) besar. "Jadi kita masih selidiki dulu, apakah ini memang herediter? Kalau herediter, pasti yang ringan, bukan yang berat," katanya.

Bagi penderita,pengobatan yang diambil tergantung dari jenis Von Willebrand yang diderita. Tujuan utama pengobatan adalah membebaskan penderita dari faktor-faktor Von Willebrand. Selain itu adalah mencegah terjadinya kerusakan gumpalan darah.

Well itulah info tentang penyebab penyakit keringat darah. Semoga menambah informasi anda.

Sumber: Kompas