Tips Membuat Tubuh Tetap Bugar Hingga Tua

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


Tips kesehatan kali ini Mengajak kita untuk menjadikan olahraga sebagai rutinitas yang mengantarkan pada hasil maksimal. Jadilah seseorang yang bebas aktif bergerak hingga usia senja dengan melakukan rutinitas olahraga. Sebut saja, untuk menghindari penyakit jantung, kanker, kepikuan, stroke, dan diabetes. Tidak ketinggalan, olahraga juga mampu memperlancar sirkulasi darah dan sistem pencernaan kita. Berikut 4 jenis latihan kunci agar tetap bugar dan prima hingga tua

4 Petunjuk latihan untuk masa tua yang aktif.

1. Latihan kardio.

Olahraga yang cocok untuk segala usia ini sangat manjur dalam menjaga keremajaan tubuh kita. PIlihlah latihan kardio berintensitas menengah, seperti berjalan cepat, bersepeda, joging, atau berenang dan lakukan latihan tersebut selama 30 menit per sesi, 5 kali seminggu. Sebagai langkah awal, kita bisa memulai dengan porsi 10 menit, 5 hari seminggu. Lalu, secara perlahan kita bisa menaikkan durasinya sebanyak 5 menit di setiap minggu hingga mencapai target 30 menit per sesi.

Selain itu, kita juga bisa memecah latihan menjadi tiga kali sehari, dengan durasi 10 menit untuk tiap sesi latihan. Tip : jika kita merasa habis napas ketika berbicara dengan orang lain, maka kurangi kecepatan dan intensitas latihan kita.

2. Latihan dengan variasi kecepatan.
Rajin menggerakkan tubuh akan membuat aliran darah dan oksigen kita ke otak menjadi lancar. Apabila aliran darah dan oksigen mengalami gangguan, maka daerah hipokampus akan merasakan akibatnya, yaitu memengaruhi daya ingat kita, jelas Eric B.Larson, MD , peneliti seputar otak pada Group Health Cooperative, Seattle. Dan dengan melakukan latihan berintensitas tinggi kita bisa membantu melancarkan aliran darah dan oksigen.

Coba lakukanlah latihan kardio berintensitas sedang. Kemudian, setiap 2 menit selingi dengan latihan berkecepatan tinggi selama 1 menit. Selesaikan pola latihan ini dalam 45 menit, 2 kali seminggu. Bagi pemula, kita bisa memulai latihan berkecepatan tinggi selama 15 menit terlebih dahulu, yang secara perlahan-lahan kita tingkatkan sedikit demi sedikit.

3. Latihan beban.
Jangan takut berotot dulu, karena sebenarnya latihan beban juga mampu membentuk tulang kita dan merupakan cara terbaik untuk menyeimbangkann keseluruhan sistem tubuh. Hasilnya, kita tidak perlu merasa berat mengangkat tubuh kita ketika beranjak dari sofa yang empuk ataupun mengalami kesulitan saat menuruni tangga. Tidak hanya itu, tulang yang kuat akan mebuat postur tubuh kita tetap tegap hingga tua.

Lakukan olahraga beban dengan sepasangg dumbbell selama 20 menit. Untuk pemula cukup dengan dumbbell berukuran 1-2 kg. Sedangkan 2-4 kg untuk kelas menengah dan 4-9 kg bagi yang butuh tantangan lebih.

4. Yoga.
Ingin menghilangkan kerutan? Carilah aktivitas yang mampu meregangkan tubuh dan dapat menurunkan stres. Dan jawabannya adalah yoga. Sebuah studi di Jerman mengemukakan dengan melakukan yoga 3 jam per minggu mampu menurunkan kadar kecemasan hingga 30%. Bonusnya lagi, yoga juga dapat melindungi kita dari serangan radikal bebas yang akan mengganggu elastisitas kulit. Kini tiba saatnya kita mendatangi pusat yoga terdekat dan mulailah ikut kelas yoga berdurasi 30 menit, 4 kali seminggu.