Vitamin Untuk Sakit Punggung

Di Tulis Oleh Kucheng Ling


WillyNews, Tips Kesehatan. Inilah Vitamin Untuk Sakit Punggung. Ini Dia Vitamin yang Diperlukan untuk Sakit Punggung. Nyeri punggung merupakan kondisi yang bisa dialami oleh siapa saja dan menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Tapi kondisi ini bisa ditangani dengan mengonsumsi beberapa vitamin.

Nyeri punggung diperkirakan telah mempengaruhi sekitar 80 persen penduduk dunia. Pada kasus nyeri punggung akut biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang tiba-tiba dan berlangsung beberapa hari atau minggu. Nyeri ini biasanya disebabkan oleh cedera, posisi yang tidak tepat saat mengangkat barang atau postur tubuh yang buruk.

Beberapa obat yang dijual bebas diketahui efektif untuk mengatasi nyeri punggung tersebut, tapi terkadang bisa menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan terutama gangguan lambung.

Untuk mengatasi sakit punggung bisa dengan menggunakan beberapa vitamin dan mineral, seperti dikutip dari Livestrong, Jumat (1/3/2011) yaitu:

Vitamin D
Vitamin D sangat penting untuk produksi tulang dan jaringan otot di tubuh. Dalam studi Mayo Clnic tahun 2009 diketahui kekurangan vitamin D bisa menyebabkan rasa sakit dan terganggunya fungsi neuromuskular. Karena itu mendapatkan vitamin D yang cukup bisa mencegah peningkatan rasa sakit di punggung.

Magnesium
Magnesium merupakan mineral yang digunakan oleh tubuh untuk mempertahankan fungsi neurologis, otot dan seluler serta memfasilitasi penyerapan kalsium ke dalam tulang. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan timbulnya gejala nyeri punggung dan leher serta kelemahan otot yang membuat postur tubuh memburuk atau memicu terjadinya cedera yang berujung pada nyeri punggung.

Vitamin C
Vitamin C adalah antioksidan kuat yang bisa membantu mengurangi inflamasi (peradangan) dan meningkatkan proses penyembuhan. Sakit punggung yang dihasilkan dari cedera pada sendi atau jaringan lunak biasanya disebabkan oleh adanya peradangan dalam.

Hal ini menyebabkan rasa sakit mungkin tampak lebih buruk jika peradangan terjadi di daerah sambungan dan menempatkan tekanan di saraf. Untuk itu konsumsi vitamin C baik dari suplemen atau buah dan sayuran segar bisa membantu melawan dan mencegah peradangan.

Vitamin B12
Vitamin B12 adalah anti inflamasi yang efektif dan membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh degenerasi tulang belakang bagian bawah. Sebuah penelitian tahun 2000 yang diterbitkan dalam European Review for Medical and Pharmacological Sciences juga menemukan vitamin B12 efektif dalam mengobati nyeri punggung bawah dan gangguan dalam pergerakan.

Dalam penelitian tersebut juga diketahui pasien yang mengonsumsi vitamin B12 mengalami pengurangan ketergantungan terhadap obat anti inflamasi yang berarti adanya pengurangan risiko efek samping.